Saat Beli AC, 10 Istilah Ini Akan Anda Dengar

Pilih tipe AC low watt atau inverter? AC ini punya filter HD yang lebih sehat lho! Tipe ini hemat energi karena memakai freon R-32. Unit ini bahkan punya triple protection.

Pilih tipe AC low watt atau inverter? AC ini punya filter HD yang lebih sehat lho! Tipe ini hemat energi karena memakai freon R-32. Unit ini bahkan punya triple protection.

Mulai dari merek, tipe, jenis teknologi, hingga fitur, sebuah unit AC memiliki berbagai istilah. Ketika sedang memilih untuk membelinya, istilah-istilah tersebut membuat kita meski bertanya lebih banyak dan mencari tahu.

Meskipun hasil akhir dari pertimbangannya tentu akan menuju kepada harga AC yang bisa pas di kantong. Namun daripada bingung, berikut kami berikan daftar istilah-istilah pada sebuah unit AC yang kami jamin akan Anda dengar ketika memilih dan membelinya. Apa saja? Catat daftarnya.

 

#1 PK

Istilah ini sudah tentu wajib kita kenal dan ketahui ketika ingin membeli AC. Arti PK (Paard Kracht/Daya Kuda/Horse Power (HP)) merupakan istilah untuk menyebut kapasitas ukuran AC. Nilai dari PK AC akan menentukan luas ruangan ideal di mana Anda akan memasang unit tersebut. Semakin tinggi nilai PK AC, maka luas ruangan yang akan dipasang unit AC akan semakin besar.

Biasanya, istilah PK ini akan dikuti dengan istilah istilah BTU (British Thermal Unit), yaitu ukuran kemampuan pendinginan. Sebab setiap nilai PK AC memiliki ukuran BTU yang berbeda pula. Seperti AC ½ PK memiliki ukuran ±5.000 BTU/h, untuk AC ¾ PK miliki ukuran ± 7.000 BTU/h, untuk AC 1 PK milliki ukuran = ± 9.000 BTU/h, serta untuk AC 1½ PK miliki ukuran ±12.000 BTU/h, kemudian untuk AC 2 PK miliki ukuran ±18.000 BTU/h.

Nilai tersebut dapat digunakan untuk menghitung rumus pemakaian ukuran AC ideal yang bisa menyesuaikan ukuran PK dan luas ruangan yang ada. Rumusnya yaitu [(panjang ruangan x lebar ruangan) x 500 BTU]. Jadi, jika ukuran ruangan adalah 20 meter persegi, maka AC yang digunakan idealnya adalah ukuran 1 ½ PK. Perhitungannya, 4 meter x 5 meter, artinya luasnya adalah 20 meter persegi. Jika memakai rumus tersebut maka AC yang cocok berukuran 10000BTU/h atau AC 1 ½ PK.

 

#2 AC low watt

Istilah ini untuk tipe AC. Sebagai informasi, tipe pendingin udara untuk hunian terbagi menjadi tiga, yaitu; AC standard, AC low watt, dan AC inverter. Tipe pendingin udara low watt sebenarnya relatif sama dengan tipe standar. Perbedaannya terletak pada daya yang digunakan. 

AC low watt dikenal lebih hemat listrik karena memiliki penggunaan daya listrik lebih rendah. Karena itu tipe ini sering dianjurkan dan cocok untuk hunian yang berdaya listrik rendah. Maksudnya penggunaan daya pada tarikan awal AC low watt lebih kecil dibanding dengan tipe standar.

Bila Anda sedang mencari AC tipe low watt terbaik, Anda beruntung karena saat ini C3e Deluxe Low Watt bisa menjadi pilihan. Produk AC low watt terbaru dari Gree ini punya segudang kelebihan. Di antaranya adalah unit ini menggunakan freon R-32 yang terbukti miliki kemampuan kurangi tingkat pemanasan global hingga 70%, punya kemampuan triple protection, dan paling penting adalah hemat listrik. Contohnya C3e berkapasitas ½ PK hanya membutuhkan daya listrik 330 watt.

 

#3 AC tipe inverter

Istilah dari teknologi ini sudah tentu akan kita dengar saat ingin membeli AC. Inverter adalah teknologi yang dapat mengontrol kecepatan motor kompresor serta mengendalikan aliran refrigeran demi mengontrol stabilnya suhu ruangan. Karena tipe pendingin udara ini menggunakan drive frekuensi di mana digabungkan sistem mengontrol kecepatan kompresor dan output pendinginan.

Jika dibandingkan dengan tipe low watt, tipe inverter miliki penggunaan daya listrik lebih tinggi pada tarikan awal. Pasalnya, agar lebih cepat mendinginkan ruangan sesuai dengan suhu yang disetel pada remote, sebuah AC inverter akan melakukan kinerja maksimal.

Setelah suhu yang diinginkan sudah mendekati pengaturan remote, secara otomatis kinerja kompresor melambat dengan bantuan sensor suhu yang ada pada unit AC. Selanjutnya kompresor tetap hidup namun bekerja secara konstan untuk mempertahankan suhu dengan konsumsi daya listrik minimal.

Dengan kinerja tersebut, karena itu tipe AC inverter dianggap lebih hemat listrik karena memiliki watt relatif rendah ketika ruangan telah mencapai suhu yang diinginkan. Karena itu aplikasi teknologi inverter bisa membuat AC bekerja optimal tanpa mengonsumsi daya listrik berlebihan. Bahkan, pendingin udara jenis inverter dianggap dapat menghemat 30% – 50% konsumsi listrik saat beroperasi.

 

#4 Freon AC atau refrigeran

Istilah ini mesti Anda tahu karena freon AC merupakan komponen pendukung penting dari unit pendingin udara. Karena tanpa adanya freon maka pendingin udara atau AC tidak akan mengeluarkan hawa dingin.

Freon atau refrigeran merupakan komponen AC berbentuk gas atau senyawa kimia. Senyawa ini punya fungsi sebagai fluida yang mengondisikan suhu udara yang dikeluarkan AC. Freon memiliki sifat yang tidak berbau dan tidak berwarna.

Demi membedakan komposisi molekulnya, freon dibeli angka; seperti R-11, R-12, R-22, R-32, R-134A, R-410A, dan lainnya. Namun sejak 2015 produsen AC pada akhirnya menggunakan 3 jenis freon, yaitu R-290, R-32, R-410A. Mesti dicatat lagi, produk terbaru AC low watt terbaru dari Gree yaitu C3e menggunakan freon R-32 yang terbukti miliki kemampuan kurangi tingkat pemanasan global hingga 70%.

 

#5 Filter AC

Filter AC adalah bagian lain yang berfungsi menghalau kotoran akan hembusan udara yang lebih sejuk, bersih, dan sehat. Satu hal penting yang mesti dicatat adalah, membersihkan filter jadi kegiatan wajib agar unit AC tentang awet.

Sebuah indoor AC yang kotor atau tersumbat debu dapat jadi salah satu penyebab AC berisik atau keluarkan suara-suara yang ganggu kenyamanan. Tidak hanya itu, tidak terwatnya bagian ini pada sebuah unit AC juga dapat menyebabkan tidak sehatnya udara yang dikeluarkan oleh pendingin udara, terganggunya kinerja, hingga ketidakawetan unit.

 

#6 Blue Fin dan Gold Fin

Istilah ini mengacu kepada fitur lapisan yang membuat debu dan kotoran mudah dan cepat dibawa pergi oleh tetesan air yang mengalir. Pada produk AC Gree, lapisan Blue Fin ada pada seluruh bagian evaporator. Sedangkan lapisan Gold Fin ada pada kondensor.

Lapisan-lapisan ini diperlukan karena dapat mencegah karat, korosi, dan menumpuknya kotoran. Akhirnya, kinerja proses pendinginan dua kali lebih optimal. Lapisan ini juga jadi kelebihan dari Gree. Sebab dibanding merk lain biasanya hanya dilapisi cat atau tidak memiliki lapisan sama sekali. 

#7 X-Fan

Fitur ini jadi pendukung aspek kesehatan yang dimiliki oleh AC Gree. Teknologi X-Fan dapat mengeringkan bagian indoor agar selalu bersih dan sehat. Maksudnya, setelah AC dimatikan, kipas masih tetap mengeringkan bagian dalam unit indoor agar bersih dan sehat. Hasilnya kenyamanan dan kesehatan bisa didapatkan secara bersamaan.

 

#8 Filter HD dan Filter DIY

Istilah ini juga merupakan pendukung kesehatan pada sebuah unit AC. Istilah ini merupakan merupakan jenis filter yang punya keunggulan tinggi. Filter HD bisa menyaring partikel kotoran dan debu karena memiliki tingkat akurasi kerapatan hingga 0,3mm.

Sedangkan, filter DIY (do it your self) merupakan istilah filter yang memiliki jenis dan fungsi sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan. Contohnya, filter DIY yang bisa dipilih yaitu filter pembunuh kuman dan serangga, filter penghilang gas beracun dan membersihkan udara, serta filter anti bakteri dan pencegah jamur.

 

#9 Triple protection

Istilah fitur keamanan yang pertama kali diaplikasikan pada AC ini dimiliki oleh AC Gree. Triple protection merupakan fitur keamanan yang berfungsi tahan api, anti bocor, & anti temperatur tinggi. Sangat berguna, karena fitur ini memberikan ketenangan dan kenyamanan pendingin udara kepada penggunanya. Dengan adanya fitur ini pun, maka unit indoor dan outdoor AC terlindungi dari segala penyebab kerusakan; mulai dari cuaca panas, hantaman, hujan, dan faktor lain yang bisa menyebabkan AC rusak. 

 

#10 Soundproof

Istilah ini untuk menyebut teknologi agar sebuat unit AC tidak memunculkan suara yang berisik. Anda tahu tentang kompresor AC? Ya, setiap AC tentu memiliki bagian ini, yaitu komponen utama pada unit pendingin udara yang berfungsi menghisap dan menekan uap refrigeran dari evaporator. Setelah itu kompresor mengompresi uap tersebut sehingga suhu dan tekanan lebih tinggi. Di sini kompresor memiliki fungsi lain, yaitu mempertahankan perbedaaan tekanan dan temperatur dalam sistem.

Dengan kinerja seperti itu, kompresi tentu akan memunculkan suara yang tidak sunyi. Dengan adanya soundproof, maka teknologi soundproof pada kompresor di outdoor, maka memastikan kompresor bekerja dengan suara yang lebih sunyi. Bahkan soundproof ini anti api dan air, jadi dapat bekerja dalam jangka waktu lama di suhu dan kelembapan stabil.