Apa itu Air Cooler? Berikut Kelebihannya dan Kekurangannya

Karena mudah dipindah, ada yang menganggap Air Cooler sebagai jenis AC portable. Padahal tidak demikian.

Karena mudah dipindah, ada yang menganggap Air Cooler sebagai jenis AC portable. Padahal tidak demikian. Bagaimana kelebihan dan kekurangannya dibanding pendingin udara atau AC?

Air cooler tentu berbeda dengan AC (Air Conditioner). Sebagai perangkat yang kini banyak digunakan di rumah tangga, masih banyak dari kita yang masih belum memahami arti dari air cooler, dan apa kelebihan dan kekurangannya dibanding AC. Dari mulai fungsi, daya listrik yang dibutuhkan, keuntungan ketika menggunakannya, hingga harga. Ingin lebih jelas, baca tuntas saja artikel berikut.

Apa itu Air Cooler?

Air cooler adalah sebuat alat elektronik untuk mengejukkan ruangan, serta dapat juga melembabkan udara melalui proses penguapan. Di mana penyejukan tersebut dapat menurunkan suhu udara hingga kurang lebih 5 derajat Celcius.

Biasanya perangkat elektronik ini berukuran kecil, memiliki roda, lebih mudah dipindahkan, tidak memakai listrik seperti AC. Selain itu menjadi alat yang lebih muda di bersihkan dan perawatan dapat di lakukan sendiri di rumah.

Apa kelebihan dan kekurangan air cooler?

1. Lebih hemat listrik

Seperti yang kita ketahui, komsumsi daya pada AC biasanya bervariasi tergantung pada BTU yang pada AC tersebut. Semakin tinggi BTU maka semakin tinggi daya listrik yang di perlukan, begitu juga dengan air cooler. Akan tetapi, perangkat ini tidak mengunakan BTU sebagai patokan, melainkan mengunakan air flow. Jika dibandingkan komsumsi daya listrik pada AC, maka air cooler lebih kecil daya listrik yang diperlukan.

2. Mudah dipindahkan

Memiliki bentuk yang kecil, sehingga lebih mudah untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain.

3. Harga terjangkau

Selain hemat listrik, Harga air cooler bisa dibilang terjangkau di bandingkan beberapa alat tata udara lainnya.

4. Perawatan mudah

Perawatan air cooler dapat di lakukan di rumah tanpa bantuan teknisi, kalaupun nantinya memerlukan bantuan dari teknisi, biaya yang dikeluarkan lebih murah dari pada biaya perawatan AC. 

5. Lebih ramah lingkungan

Air cooler tentunya lebih ramah lingkungan, hal itu dikarenakan proses penyejukan ruangan terjadi melibatkan udara dan air, dalam proses pendinginannya pun, air cooler tidak menghasilkan gas rumah kaca.

6. Melembabkan udara

Berbeda dengan AC yang membuat udara dingin tapi kering, air cooler menyejukkan udara sekaligus melembabkan udara, tentu AC dan air cooler di saat di pakai bersamaan akan lebih baik.

 

Perbedaan Air Cooler dan AC (Air Conditioner)

1. Mekanisme pendinginan

Fungsinya berbeda, AC untuk mendinginkan ruangan sedangkan Air cooler menyejukkan ruangan( adem ).

2. Perawatan

Perawatan Air cooler dapat di lakukan sendiri dirumah, sedangkan AC biasanya memerlukan bantuan dari teknisi ahli dengan biaya yang lebih besar di banding Air cooler, akan tetapi itu tergantung dari merk AC anda.

3. Konsumsi listrik

Komsumsi listrik pada air cooler lebih kecil jika dibandingkan dengan AC, kisaran dari penggunaan listrik Air Cooler 7.4 – 250 watt sedangkan AC 400 – 1.100 watt.

4. Mobilitas

Air cooler lebih mudah di pindahkan dan mudah dibawa kemanapun, sedangkan AC posisi tetap tidak bisa dipindahkan. Jika ingin dipindahkan memerlukan proses yang rumit.