Gree - News

​Tips menentukan penempatan AC dirumah Anda

01 Nov 2016

​Tips menentukan penempatan AC dirumah Anda.


setelah kita membeli AC sering kali kita bingung ingin meletakkan yang tepat dimana, terkadang orang sering meletakkan AC ditempat yang kurang tepat karena ketidak-tahuan informasi mengenai penempatan saat pemasangan AC. Jika salah tempat bisa berakibat kinerja AC tidak maksimal.

Sebelum kita bahas mengenai penempatan AC, kita harus mengetahui terlebih dahulu bahwa unit AC itu terbagi menjadi 2 bagian, bagian pertama yang disebut unit Indoor (didalam ruangan), dan unit yang kedua adalah unit Outdoor (diluar ruangan).

Melalui artikel dibawah ini semoga bisa membantu kita untuk penentuan tempat pemasangan AC dirumah. 

- Unit indoor :

​​1. Untuk memaksimalkan kinerja AC, disarankan agar pemasangan unit indoor diantara dinding rumah bagian dalam dan luar dengan unit outdoor. 

2. Perlu diperhatikan pada saat pemasangan unit Indoor, arah hembusan angin yang dihasilkan oleh AC sebaiknya tidak langsung mengenai tubuh. Karena jika langsung mengenai tubuh tidak baik untuk kesehatan. 

3. Jarak yang disarankan antara unit indoor dengan plafond minimal 15cm, jarak samping kanan kiri dan belakang minimal 15cm. Jarak dari lantai ke unit indoor minimal 250cm, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini. 


​​4. Dilarang memasang unit Indoor diatas dan berhadapan langsung dengan pintu, jendela, juga benda elektronik yang menghasilkan panas seperti : kompor, tv, home theater dll. 

5. Jika terdapat lebih dari satu unit indoor didalam ruangan, sebaiknya arah hembusan angin jangan berdekatan.     

- Unit outdoor :

1. Pilih area yang mudah di jangkau, aman dan juga yang paling penting adalah memudahkan saat proses instalasi. 

2. Pemasangan pipa AC unit outdoor yang terhubung ke unit indoor tidak boleh melebihi dari 3 kali tekukan, karena jika melebihi dari 3 kali tekukan aliran refrigran pipa AC jadi terhambat karena terlalu banyak tekukan sehingga kinerja AC tidak maksimal. Contohnya : Pipa AC yang terhubung dari unit Outdoor mengarah ke unit Indoor melewati dinding dihitung 1 kali tekukan. 

3. Memberikan jarak antara dinding dan unit Outdoor yang dipasang agar sirkulasi udara lebih lancar. Jarak yang disarankan untuk udara keluar dari unit outdoor (tampak depan) minimal 200cm, jarak samping kanan kiri unit outdoor minimal 30 - 50cm, jarak atas jika terhalang sesuatu minimal 30cm. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.


4. Sebaiknya menggunakan pipa dengan standard yang telah ditentukan, panjang pipa minimum 5 meter, dan ketebalan pipa 0.5mm, karena jika melebihi standard maka aliran refrigrant akan lebih panjang sehingga kinerja AC tidak maksimal. ​

Setelah membaca artikel diatas, sudah bisa mulai menghitung ukuran ruangan, memperkirakan tempat yang sesuai serta menentukkan tempat pemasangan AC anda dirumah yah, ingat jangan sampai salah pasang ya.