Gree - News

RHVAC 2018: ​Alat Apa yang Digunakan Gedung untuk Dinginkan Udara Ruangan? Yuk, kenali!

24 Sep 2018

Gelaran Refrigeration & HVAC Indonesia akan digelar pada 26 – 28 September di JI Expo Kemayoran, Jakarta. Para pelaku industri HVAC (heating, ventilation, dan air conditioning) pun akan pamer teknologi mutakhir paling canggih pada produk komersil yang dimiliki. Begitupun AC Gree.

Industri sistem pemanas, ventilasi, dan penyejuk udara atau biasa disebut dengan HVAC mengalami kemajuan besar dalam beberapa tahun terakhir. Masing-masing produsen terus bersaing untuk menciptakan alat mutakhir canggih yang dapat menentukan suhu serta kelembaban udara dalam suatu ruangan agar lebih efisien.

Sebenarnya, apa itu HVAC?

Sistem pengaturan suhu dan kelembaban rumah tinggal jelas lebih sederhana. Cukup dengan AC split, maka fungsi tersebut dapat langsung berjalan. Sebaliknya dalam sebuah bangunan besar seperti gedung modern, fungsi tersebut memerlukan sebuah rancangan, instalasi dan kontrol yang bisa dilakukan dalam sebuah sistem tunggal. Kesatuan sistem itulah yang saat ini dikenal dengan HVAC.

Dalam melakukan fungsinya pada sebuah gedung, sistem HVAC memiliki beberapa instrumen-instrumen pendukung. Di antaranya seperti Chiller yaitu mesin refrigrasi yang memiliki fungsi menghilangkan panas cairan pada sisi evaporator kemudian akan mendistribusikannya pada mesin penukar kalor FCU/AHU.

Ada juga instrumen yang bernama FCU (fan coil unit) yaitu perangkat yang terdiri dari kumparan (koil) dan kipas yang digunakan untuk melakukan kontrol suhu dalam ruangan dengan kendali on/off switch atau thermostat.

Selanjutnya adalah instrument AHU (air handling unit) yang merupakan alat untuk mengondisikan udara menjadi bagian sistem HVAC. Biasanya perangkat ini bentuknya seperti kotak besar terbuat dari logam dan berisi kipas blower, elemen pemanas atau pendingin, filter, dan juga peredam suara.

Instrumen lainnya adalah cooling tower yaitu sebuah perangkat yang fungsinya menurunkan suhu aliran air. Perangkat ini akan mengekstraksi panas dari air dan mengemisikannya ke atmosfir dengan cara penguapan. Jadi sebagian air diuapkan ke aliran udara yang bergerak, selanjutnya dibuang ke atmosfir.

Partisipasi Gree Sebagai Pelopor Teknologi

Sebagai “Pelopor AC Canggih” dan pelaku industri HVAC di Indonesia, PT Gree Electric Appliances Indonesia pada pameran Refrigeration & HVAC Indonesia 2018 kali ini akan mengenalkan berbagai produk-produknya, khususnya produk komersial yang dipakai dalam industri.

Hingga kini produk-produk Gree telah mendapatkan pengakuan dan menjadi pelopor dalam pengembangan teknologi pendingin udara. Dalam produk komersial, salah satu inovasi Gree yang diakui adalah menciptakan unit yang menggunakan tenaga cahaya matahari atau panel surya yang disebut teknologi Photovoltaic. Teknologi ini menjadi terobosan di dunia untuk hemat listrik karena menggunakan tenaga surya. Unit pendingin udara Gree yang menggunakan Photovoltaic ini antara lain unit chiller dan unit GMV 5.

Dalam industri HVAC, Gree juga telah dipercaya sebagai produsen untuk menangani berbagai proyek-proyek besar. Misalnya, pada gelaran Piala Dunia 2018 lalu, Gree menjadi pemasok eksklusifHigh-efficiency Water-cooled Screw Chiller untuk Mordovia Arena, Moscow, Rusia. Sebelumnya pada piala dunia 2010 di Afrika Selatan, Gree terpilih sebagai penyedia multi VRF, screw chiller, unitary air conditioner, air processing terminal, dan unit lainnya.

Dengan produk mutakhir berteknologi canggih, di Indonesia sendiri Gree pun telah menjadi pemasok pendingin udara untuk berbagai proyek besar. Sebut saja seperti pabrik Wuling, Chevron, Sudirman Suite, OKI pulp, Satoria Tower, hingga hotel Grand Mercure Yogyakarta. Gree juga sudah memiliki lebih dari 30 ribu hak paten bahkan sudah menduduki posisi 190 Forbes dalam kategori Top Regarded Companies di tahun 2017.

Hingga saat ini, GREE masih terus menciptakan berbagai macam centrifugal chiller, termasuk Photovoltaic Fixed Frequency Centrifugal Water-Cooled Chiller, Permanent Magnet Synchronous Frequency Centrifugal Chillers, Permanent Magnet Synchronous Frequency Centrifugal Pump, Maglev Frequency Centrifugal Chillers, Inverter Direct Drive Centrifugal Chiller, Permanent Magnet Synchronous Frequency Centrifugal Ice Storage Unit Of Two Conditions Six Series of Product Matrix. Seluruh produk tersebut juga merupakan produk AC Gree yang paling banyak diminati dalam sektor industri.

Yuk Ikuti Foto Kontes dan Seminar Interaktif AI Revolution

Keikutsertaan PT Gree Electric Appliances Indonesia pada Refrigeration & HVAC Indonesia 2018 kali ini lebih semarak. Berbagai rentetan kegiatan yang akan memanjakan konsumen, pelanggan, hingga mitra AC Gree akan digelar. Mulai dari kuis dan foto kontes dengan hadiah menarik, hingga seminar interaktif tentang teknologi terbaru perangkat HVAC (Heating, Ventilating, and Air Conditioning).

Sebelum acara, dimulai sejak Rabu 19 September 2018, Anda dapat mengikuti kuis tebak video #GREEREVOLUTION yang berhadiah voucher senilai jutaan rupiah. Kunjungi saja akun media sosial Gree Indonesia; Facebook, Twitter, dan Instagram. Akan ada 5 orang pemenang beruntung yang akan dipilih. Hadiah akan langsung dibagikan di stan Gree pada acara Refrigeration & HVAC Indonesia yang terletak di D-F01.

Selama acara pameran nanti, Anda juga bisa mengikuti foto kontes yang akan langsung diadakan di stan Gree selama pameran berlangsung. Tiga unit air cooler dan 10 voucher diskon untuk membeli produk Gree bisa langsung dibawa pulang bagi yang beruntung menjadi pemenang dan menjadi foto terbaik. (Baca: RHVAC 2018: Ikuti Kuisnya, Menangkan Voucher Jutaan Rupiah

Semarak acara tidak hanya dilakukan di stan Gree yang terletak di area pameran. Karena di hari pertama, tepatnya Rabu 26 September 2018, Gree Indonesia mengadakan seminar interaktif tentang unit VRF terbarunya dengan tema “Gree GMV VRF with Artificial Intelligence – AI Revolution”. Di seminar itu Gree akan mengenalkan produk GMV 6 yang memiliki teknologi AI paling canggih yang belum pernah ada di dunia. Penasaran?


BELI AC GREE SEKARANG IKUT KUIS


Baca artikel lain:

1. AC di Rumah Tidak Cepat Dingin? Cek 4 Hal Ini

2. Kesal AC Rumah Sering Bocor? Kenali Penyebab dan Solusinya!

3. AC Floor Standing Terbaik, Ini 3 Pilihan yang Wajib Dilirik

4. Tiga Tahun Perjalanan Gree Indonesia: Dipercaya Masyarakat Jadi AC Terbaik dan Raih Sederet Penghargaan