Gree - News

Olahraga di Ruangan AC, Begini Tipsnya

10 Aug 2018

Demi menjaga kesejukan, kini rata-rata setiap ruang hunian di kota besar menggunakan pendingin udara. Lantas, jika kita memilih untuk olahraga di dalam ruangan AC, apakah ada aturannya tersendiri?

Ya, dibanding tidak melakukannya sama sekali karena waktu dan kesibukan yang padat, aktivitas olahraga di dalam ruangan kini memang jadi pilihan. Entah itu dengan cara pergi ke gym (pusat kebugaran) yang letaknya di dekat kantor atau rumah, atau memiliki alat olahraga sendiri di rumah. Aktivitas tersebut juga didorong dengan meningkatnya pemahaman tentang pentingnya gaya hidup sehat.

Sebenarnya, pilihan tempat untuk berolahraga baik di dalam maupun luar ruangan memiliki manfaat positif yang sama buat kesehatan. Tapi ketika sebuah olahraga dilakukan di dalam ruangan, khususnya ruangan berpendingin udara atau AC, maka risiko dehidrasi lebih besar. Sejuknya udara di dalam ruangan menyebabkan kita cenderung sedikit berkeringat. Padahal tubuh telah kehilangan cairan yang menguap.

Kembali ke pertanyaan awal, adakah aturan tersendiri untuk berolahraga di ruang ber-AC ini? Agar lebih jelas, inilah tips yang bisa dicatat.

Pastikan ruangan yang dipakai punya ventilasi

Dalam aturannya, agar ruangan tetap terjaga kesejukannya maka ruangan ber-AC memang harus tertutup. Meski tertutup, yang wajib dipastikan adalah ruangan yang kita pakai miliki ventilasi yang tepat. Sebab jika ruangan tertutup sangat rapat, aliran udara segar saat kita berolahraga akan terhalang. Otomatis udara yang dihirup hanya yang ada di ruangan tersebut, tidak berganti dan bukan udara yang segar yang mestinya dibutuhkan dalam berolahraga.

Yuk, ikutan giveaway Gree Indonesia berhadiah smartphone!

Pastikan atur suhu nyaman

Jika tujuan kita di sini adalah beristirahat atau tidur, tentu mengatur suhu serendah mungkin pada AC yang ada di ruangan kita akan cocok. Nyatanya tujuan kita di sini adalah berolahraga. Karena itu, aturlah suhu secara nyaman sesuai dengan tujuan kita berolahraga. (Baca juga: Jika Malas Servis AC, Inilah Gangguan Kesehatan yang Bisa Menyerang)

Hindari kulit kering dan dehidrasi

Beberapa penelitian mengungkapkan, saat kita di ruangan AC maka kurang lebih 0.5 liter cairan dalam di tubuh berkurang, Itu sebabnya ruangan yang ber-AC, bagi sebagian orang, dapat membuat kulit kering dan dehidrasi.

Nah, ketika kita berolahraga di ruangan AC, untuk mencegah kulit kekeringan, cobalah untuk menggunakan lotion pelembab, khususnya di sekitar wajah. Oleskan di sekitar siku, leher, tangan dan kaki. Dengan begitu kelembaban kulit kita akan terjaga selama olahraga. Selain itu iringi dengan memperbanyak minum air putih untuk mengembalikan cairan tubuh.

Tambah tanaman indoor

Selain dapat menghias tampilan dekorasi ruangan, meletakkan tanaman di dalam ruangan juga bisa berfungsi sebagai penyerap karbon dioksida. Bahkan, beberapa penelitian mengungkapkan jika tanaman di dalam ruangan bisa menyerap racun dalam rumah baik dari karpet, asap rokok, dan cat.

Di tambah lagi sebuah studi dari University of Agriculture, Norwegia, mengungkapkan, karena bisa meningkatkan kadar kelembaban dan mengurangi debu, tanaman hias juga miliki manfaat untuk meringankan gejala alergi. Jadi, agar ruangan kita lebih sehat untuk berolahraga, maka menambah tanaman di dalam ruangan bisa jadi pilihan. (Baca juga: Menyulap Rumah Jadi Nyaman dan Sejuk)

Pastikan pakai AC yang sehat

Jangan dilupakan, poin ini cukup penting. Tujuan kita berolahraga, meski dilakukan di dalam ruangan, adalah mendapatkan kebugaran dan kesehatan pada tubuh. Tapi jika pendingin udara yang ada di ruangan tidak sehat, terlebih kotor karena jarang service AC, maka udara yang kita hirup selama berolahraga pun jadi tidak sehat.

Pastikan juga AC yang kita pakai tepat dan punya kemampuan untuk membantu kita lebih sehat. Jadi AC tersebut memiliki fitur-fitur yang mampu mendukung kesehatan. Seperti memiliki filter AC canggih yang dapat cegah berbagai virus dan bakteri, kuman dan kotoran, sampai pada kemampuan menetralkan bau pada hembusan udara yang dihasilkan.

Beruntungnya, semua kemampuan tersebut telah ada pada semua AC Gree. Sebagai “Pelopor AC Canggih”, setiap unit AC Gree miliki berbagai fitur pendukung kesehatan. Seperti adanya X-Fan yang dapat mengeringkan bagian indoor supaya tetap bersih dan sehat, filter HD dan filter DIY yang dapat membunuh kuman dan serangga, dan lainnya.

Namun kemampuan tersebut hanyalah fitur belaka ketika kita juga malas untuk rutin membersihkan AC di ruangan. Rutin untuk melakukan servis atau membersihkan AC bukan hanya membuat unit yang kita miliki lebih sehat. Karena AC juga bisa lebih maksimal untuk menjaga kesejukan ruangan dan pastinya lebih awet.

Baca artikel AC Gree lainnya:

1. Agar Tidak Salah Pilih Calon AC Idaman, Catat 4 Tip Ini

2. Tanpa Biaya, AC Gree Kasih Garansi Hingga 10 Tahun

3. Komponen Tidak Bermasalah, Ini 5 Penyebab Lain AC Tidak Dingin

4. 7 Cara Menggunakan AC Ini Ternyata Hanya Mitos

5. Beli Perangkat Elektronik, 5 Hal Ini Wajib Jadi Pertimbangan

BELI AC GREE SEKARANG CARI PROMO AC GREE