Gree - News

Mudah Dilakukan, Begini Cara Bersihkan Filter AC

01 Jun 2018


Filter AC adalah bagian penting yang berfungsi menghambat kotoran demi menghasilkan hembusan udara yang lebih sejuk, bersih, serta sehat. Karena itu membersihkan filter AC jadi kegiatan rutin yang wajib dilakukan.

Bukan hanya untuk kesehatan, filter AC juga berfungsi mencegah unit indoor yang kotor atau tersumbat debu yang terkadang jadi penyebab AC berisik atau mengeluarkan suara yang mengganggu kenyamanan pemakaian. Di situlah kegunaan komponen ini untuk menjaga AC tetap awet untuk digunakan. (Baca juga: Masalah yang Muncul Jika Filter AC Kotor)

Karena cukup mudah untuk dilakukan, idealnya membersihkan filter AC dapat dijadwalkan setiap sebulan sekali. Ok, siapkan alat-alatnya, berikut adalah cara bersihkan filter AC yang bisa dilakukan sendiri;

Matikan AC

Langkah awal ini sudah tentu mesti kita lakukan. Sebab, bagaimana kita mau membersihkan jika AC tetap menyala? Matikan melalui remote, kemudian cabut kabel yang terhubung dengan sumber listrik.

Siapkan alat pendukung

Kegiatan membersihkan filter AC ini memerlukan sejumlah alat-alat pendukung. Di antaranya adalah mesin penyedot debu, lap kering, kemoceng atau sikat kecil untuk menyingkirkan debu pada celah-celah ventilasi dan permukaan luar.

Baca buku petunjuk

Mungkin kegiatan bersih-bersih untuk AC ini adalah kali pertama dilakukan oleh kita. Karena dilakukan sendiri, agar lebih paham cobalah baca buku petunjuk yang kita dapatkan saat membeli unit AC. Setelah itu, pahami cara melepas dan cara membersihkan filter AC.

Copot dan bersihkan

Setelah tahu dan paham bagaimana cara melepaskan filter dan bagian-bagian celah ventilasi pada AC, maka praktik pembersihan pun dimulai. Pertama, pelan-pelan singkirkan debu yang menempel pada filter menggunakan mesin pengisap debu atau lap basah. Tujuannya agar ketika dicopot, debu yang menempel pada filter tidak berjatuhan dan berserakan.

Setelah itu, copot filter AC, kemudian bilas di bawah aliran air. Bila komponen ini dianggap sangat kotor, kita dapat mencucinya menggunakan sabun cuci piring cair sambil membersihkan dengan sikat halus. Setelah itu bilas hingga bersih, kemudian jemur di tempat teduh.

Bersihkan juga celah ventilasi

Unit indoor AC memiliki bilah-bilah ventilasi yang bisa kotor karena debu dan perlu dibersihkan juga. Setelah membaca buku pentunjuk, tentunya kita akan tahu bagian cover unit indoor yang dapat dicopot dan juga dibersikan. Bersihkan dengan lap kering dan sikat halus untuk bilah-bilah ventilasi. Bilas dengan air jika diperlukan.

Seperti telah dikatakan sebelumnya, membersihkan AC dari kotoran debu, terutama di bagian filter, wajib dilakukan secara rutin sebulan sekali. Selain itu, setiap tiga bulan sekali kita pun perlu membersihkan atau melakukan servis AC secara keseluruhan, baik unit indoor maupun outdoor.

Untuk kegiatan bersih-bersih secara keseluruhan ini kita wajib memanggil jasa servis AC professional yang nantinya akan membersihkan bagian kompresor, kipas, kumparan, dan saluran-saluran pada AC lainnya.

Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Saluran udara yang terhambat karena debu atau kotoran bisa membuat unit AC yang kita miliki munculkan suara yang berisik dan akhirnya menyebabkan kerusakan. Jika perangkat AC di rumah atau di kantormu sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan, segera cek kondisinya atau hubungi produsen AC untuk meminta garansi.

Namun jika ingin mengganti AC lama dengan AC baru? Produk AC Gree MOO series dapat menjadi pilihan.

AC Gree MOO banyak diminati karena kecanggihan fitur yang dimilikinya. Untuk yang berukuran ½ PK misalnya, unit ini memiliki kapasitas pendinginan sebesar 5323 BTU. Artinya kapasitas pendinginannya 15% lebih tinggi dan 30% lebih cepat dari jenis AC standar lain.

Selain itu jarak hembusan angin hingga 9,5 meter. Karena itu tidak salah bila AC Gree MOO Series lebih cepat dingin dan mampu mendinginkan ruangan hanya dalam waktu 2 menit. Ditambah lagi AC Gree MOO Standard Series juga diciptakan dengan tegangan listrik yang rendah hanya 150 Volt. Tujuannya agar tetap bisa menyala walaupun tegangan listrik naik turun.

BELI AC GREE SEKARANG CARI PROMO AC GREE


Baca artikel lain:

1. AC di Rumah Tidak Cepat Dingin? Cek 4 Hal Ini

2. Kesal AC Rumah Sering Bocor? Kenali Penyebab dan Solusinya!

3. Ingin AC Lebih Awet? Begini Cara Merawatnya

4. 5 Tips Memilih AC Terbaik untuk Kamar Tidur