Gree - News

​Mudah Dilakukan, 8 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Anda Hemat Energi Listrik di 2019

04 Jan 2019

Kebiasaan lebih hemat energi ternyata bisa dilakukan dengan mudah dan cara sederhana. Usaha untuk memangkas pengeluaran bulanan, khususnya biaya listrik pun bisa dilakukan tanpa halangan.

Mengencangkan ikat pinggang dalam keuangan mungkin jadi daftar wajib yang setiap tahun masuk dalam resolusi tahunan Anda, tak terkecuali di 2019. Dalam praktiknya, Anda berusaha untuk memangkas satu persatu tagihan bulanan.

Dalam daftar tagihan bulanan, nyatanya biaya listrik jadi pengeluaran yang menempati persentase cukup lumayan yang harus dikeluarkan. Terlebih, saat ini kebutuhan berbagai perangkat rumah tangga yang memerlukan sumber listrik dalam pengoperasiannya semakin meningkat.

Salah satu perangkat yang memerlukan watt listrik yang tidak sedikit adalah pendingin udara atau AC. Tidak heran jika saat ini para produsen perkakas ini lebih bersaing untuk mengeluarkan AC hemat listrik lebih rendah watt, dan memiliki fitur sesuai kebutuhan pengguna.

Berikut adalah beberapa cara agar kita dapat mengubah kebiasaan dalam menggunakan perangkat elektronik dan memaksimalkannya agar lebih hemat listrik.

1. Hitung lampu

Berapa jumlah lampu yang Anda gunakan di rumah dan mesti menyala sepanjang malam? Jika satu ruangan rata-rata membutuhkan lampu dengan daya 10 watt, maka jika rumah Anda punya 10 ruangan, perlu daya 100 watt yang harus dikeluarkan sepanjang malam.

Langkah paling mudah adalah memilah ruangan dan kebutuhan daya penerangannya. Anda bisa menggunakan lampu dengan kapasitas daya listrik yang kecil jika hanya untuk menerangi dapur atau teras. Bahkan jika ruangan tidak dibutuhkan lagi, Anda bisa mematikan lampu yang ada, misalnya untuk dapur dan kamar mandi.

2. Cabut kabel

Tahukah Anda, ketika televisi dimatikan masih ada daya yang diperlukan dalam keadaan stanby. Hal itu juga terjadi pada charger gadget Anda yang terus tercolok dalam aliran listrik, radio, dan perangkat lainnya yang biasanya membutuhkan adaptor.

Kecil memang, biasanya daya listrik yang dibutuhkan kurang lebih hanya 5 watt. Namun jika jumlahnya diakumulasikan selama sebulan, kemudian dikali dengan jumlah perangkat yang memerlukan daya tersebut, maka hasilnya pun akan lumayan. (Baca juga: Pindah Rumah Setelah Menikah, 7 Alat Elektronik Ini Wajib Dibeli)

Jadi selain hanya mematikannya dengan remote control, sebaiknya cabut kabelnya hingga perangkat dalam keadaan tidak terhubung listrik. Atau gunakan satu kabel pararel di mana Anda hanya tinggal mencabut satu kabel saja untuk mematikan semuanya.

3. Persingkat waktu mandi

Anda saat ini masih memiliki kebiasaan berlama-lama di kamar mandi dan terus-terusan menyalakan keran pancuran air? Asyik memang, apalagi diiringi dengan bersenandung. Namun ternyata itu pemborosan, baik waktu dan energi.

Semakin singkat Anda di kamar mandi, semakin sedikit kebutuhan air yang perlu dialirkan melalui pompa listrik. Apalagi rumah Anda memiliki sistem pemanas air.

4. Gunakan kipas

Seperti diketahui, alat pendingin udara bekerja untuk menyesuaikan suhu ruangan sesuai dengan yang disetel pada remote. Agar AC Anda tidak memerlukan performa yang terlalu keras dan akhirnya menyedot daya listrik lebih besar maka bantulah dengan kipas angin.

Dengan adanya kipas, maka ruangan akan lebih cepat dingin. Otomatis kerja AC pun tidak terlalu lama untuk mendinginkan ruangan. Di mana ketika ruangan sudah mencapai suhu yang diinginkan, daya listrik AC akan cenderung menurun. Apalagi Anda memakai tipe inverter.

Pilihan produk pendingin udara inverter yang sesuai untuk menjadi pilihan adalah AC Gree F1 inverter. Produk terbaru dari Gree ini merupakan AC inverter terbaik super hemat listrik, tidak berisik, dan cepat dingin.

Gree F1 inverter memiliki fitur smart-controlling yang dapat mengatur peredaran freon untuk membuat perangkat lebih hemat energi. Di tambah lagi penggunaan freon R32 yang merupakan freon generasi terbaru yang sangat ramah lingkungan. Ada pula fitur “eco-save” di mana terdapat tombol ‘SAVE’ pada remote control agar konsumsi daya listrik bisa menurun dan lebih hemat listrik.

5. Mencuci setiap hari

Berapapun jumlah pakaian yang ada di dalam mesin cuci, maka daya yang diperlukan untuk membuat mesin cuci baju bekerja itu relatif sama. Anda mungkin ingin mencicil beban untuk mencuci pakaian dengan melakukannya setiap hari. Namun nyatanya praktik itu jadi pemborosan listrik.

Solusinya, pakailah mesin cuci sesuai dengan daya tampung maksimal dari mesin tersebut. Tentu, Anda harus mengumpulkan pakaian kotor terlebih dahulu. Namun dengan begitu Anda akan lebih jarang mencuci dan dapat berhemat pemakaian listrik.

6. Tutup pintu dan jendela

Lagi-lagi ini adalah cara Anda untuk memakai pendingin udara atau AC. Suhu dalam ruangan akan berubah-ubah ketika Anda tidak menutup jendela atau selalu buka-tutup pintu.

Disitulah AC akan bekerja keras dan maksimal untuk mencapai suhu yang diinginkan dan di setel pada remote. Otomatis, beban listrik pun tidak akan turun seiring dengan kerja keras yang dilakukan oleh perangkat pendingin udara Anda. (Baca juga: AC di Rumah Tidak Cepat Dingin? Cek 4 Hal Ini)

7. Beralih teknologi

Saat ini banyak produsen perangkat elektronik yang mengeluarkan produk-produknya yang lebih hemat listrik. Misalnya lampu. Saat ini banyak orang yang telah meninggalkan penggunaan lampu pijar yang membutuhkan daya listrik tidak sedikit. Saat ini pengguna lampu mayoritas telah beralih ke teknologi LED (light emitting diode) atau CFL (compact flouresecent light) yang lebih hemat energi.

AC pun begitu. Karena saat ini telah banyak teknologi pendingin udara yang hemat listrik. Misalnya jenis AC low watt atau AC inverter yang akan menurunkan daya listriknya setelah suhu ruangan tercapai. Tagihan listrik pun akan turun dan Anda juga akan menghemat energi.

8. Fungsikan freezer kulkas dengan maksimal

Sama seperti mesin cuci, berapapun banyaknya bahan makanan yang Anda tempatkan di freezer daya listrik pun relatif sama. Karena itu, nyalakan freezer jika memang bahan makanan yang Anda tempatkan itu sedang penuh dan sesuaikan waktu habis pakainya. Jadi, Anda tidak lagi secara terus menerus menyalakannya meski hanya 1 bahan makanan saja yang tersisa.


BELI AC GREE SEKARANG CARI PROMO AC GREE