Gree - News

Kesal AC Rumah Sering Bocor? Kenali Penyebab dan Solusinya!

26 Feb 2018



​Seharian beraktivitas, bekerja dan berpikir terkadang membuat manusia bisa kehilangan energi yang menyebabkan tubuh cepat lelah hingga performa kerja menurun. Untuk itu, tubuh manusia perlu di maintenance dengan cara berolahraga, makan makanan yang sehat serta istirahat yang cukup.

Sama hal nya seperti manusia, perangkat elektronik juga bisa lelah lho! Misalnya seperti yang terjadi pada perangkat pendingin udara atau AC. Masalah-masalah pada AC biasanya muncul di pertengahan periode pemakaian. Salah satunya adalah masalah kebocoran pada unit indoor AC. AC yang bocor biasa ditandai dengan adanya air yang menetes dari unit indoor AC pada saat AC dinyalakan. Hal ini tentu saja dapat mengganggu kenyamanan pengguna. Namun apa saja penyebab AC sering bocor? Ini dia beberapa penyebabnya!

1. Sudah menjadi kewajiban kita sebagai pengguna untuk selalu memperhatikan kebersihan serta merawat perangkat elektronik yang kita miliki. Jarang melakukan maintenance pada AC dapat menyebabkan AC sering bocor. Kotoran dan debu akan menyumbat pipa drain dan menghambat aliran air pembuangan, sehingga air sisa evaporasi akan keluar dari unit indoor.

2. Penyebab kebocoran pada AC yang lainnya juga dapat disebabkan karena AC tidak di vacum pada saat instalasi. Sudah banyak artikel yang membahas pentingnya melakukan vacum pada AC. Vacum pada AC berguna untuk membuang udara yang ada di dalam kompresor. Jika ada udara yang tersisa, hal ini dapat menyebabkan pipa berjamur dan berkarat akibat kandungan air yang ada di dalam udara sisa.

3. Mengapa AC harus rutin di maintenance? Agar segala kerusakan dapat terdeteksi dan teratasi secara cepat dan tepat. AC yang bocor mungkin saja disebabkan oleh selang flexible yang lepas atau rusak karena digigit tikus. Kita tidak akan pernah tahu kerusakan ini jika AC tidak dicek secara rutin.

4. Kesalahan pada saat pemasangan unit AC oleh teknisi juga bisa berakibat pada performa AC dan menjadi penyebab AC sering bocor. Pemasangan pipa drain yang tidak benar pada saat instalasi bisa mengakibatkan air buangan AC bocor dan menetes keluar.

5. Setelah membersihkan atau ketika ingin memasang AC, pastikan AC terletak pada posisi yang lurus. Jika posisi unit indoor AC miring, nantinya akan menyebabkan kebocoran. Selain itu juga, pada saat instalasi, pastikan agar teknisi memasang pipa drain dengan benar.

Penyebab-penyebab kebocoran pada AC seperti yang disebutkan di atas bukanlah tanpa solusi. Lakukan hal-hal ini untuk mengatasi masalah kebocoran pada AC :

1. Lakukan perawatan seperti membersihkan AC secara rutin. Cuci AC secara berkala (per 3 bulan untuk AC ruang tamu dan per 4-5 bulan untuk AC kamar tidur). Untuk mencuci AC, jangan gunakan cairan kimia, karena cairan kimia tertentu dapat mengikis lapisan pipa sehingga pipa menjadi tipis dan tentunya AC menjadi cepat rusak.

2. Dalam melakukan instalasi AC, pastikan dilakukan oleh teknisi profesional. Untuk jenis AC yang menggunakan freon R32/R410A, wajib di vacum menggunakan pipa dengan ketebalan 0,7 mm. Mintalah bantuan teknisi profesional untuk melakukannya.

3. Ketahui dulu ukuran PK yang sesuai dengan luas ruangan yang akan dipasangi AC. Jika ukuran PK terlalu lebih besar daripada ukuran ruangan maka AC akan terasa terlalu dingin. Sebaliknya, jika PK terlalu kecil daripada ukuran ruangan maka AC akan terasa sedikit dingin dan kompressornya akan bekerja maksimal untuk mendinginkan ruangan.

4. Jangan menyalakan AC ketika ruangan tidak tertutup rapat, karena hal ini dapat membuat AC bekerja maksimal. Nyalakan AC hanya ketika ruangan tertutup rapat agar AC tidak bekerja terlalu maksimal.

5. Agar kompressor AC tidak bekerja maksimal, hindari mengatur suhu AC di bawah 18 derajat celcius. Sebaliknya, hindari mengatur suhu pada angka 26-28 derajat celcius, karena hal ini bisa mengakibatkan kompressor AC terlalu sering mati hidup dan mengakibatkan AC menjadi rawan rusak. Usahakan mengatur suhu AC pada angka  21 – 24 derajat saja, karena angka itu pas untuk iklim di Indonesia.

Kenyamanan sebuah perangkat pendingin udara adalah hal yang sangat diperlukan oleh konsumen. Hal ini lah yang coba dihadirkan oleh produsen alat pendingin udara, yaitu Gree. Selain kenyamanan dan ketenangan bagi konsumennya, Gree juga menghadirkan kenyamanan bagi alam. Bagaimana maksudnya?

AC Gree Deluxe Low Watt C3 adalah produk AC low watt yang Eco Friendly dari Gree. AC ini sudah dilengkapi dengan teknologi freon R32 yang berefisiensi tinggi sehingga AC ini menjadi AC yang ramah lingkungan. AC ini juga diibekali dengan daya listrik 290 Watt yang menjadikan AC Gree C3  ini menjadi AC low watt dengan daya listrik terendah di antara produk AC low watt lainnya sehingga dapat menghemat listrik.

Dengan fitur Triple Protection yang pertama kali disematkan pada AC Gree C3 ini, menjadikan perangkat AC yang tahan api, anti bocor dan anti temperatur tinggi.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

1. Tips Cerdas Memilih AC Tepat

2. AC Tidak Dingin? Inilah 7 Penyebab Utamanya

3. Maraknya Penggunaan AC Gree di Gedung-Gedung Besar di Indonesia

4. Ingin AC Lebih Awet? Begini Cara Merawatnya

5. Benarkah Suhu Dingin Dapat Menurunkan Berat Badan?