Gree - News

Ingin AC Lebih Awet? Begini Cara Merawatnya

20 Feb 2018

ingin ac lebih awet (Medium).jpg

Sudah menjadi sebuah tanggung jawab bagi kita untuk merawat segala sesuatu yang kita miliki, tak terkecuali dengan perangkat elektronik. Pentingnya perangkat-perangkat elektronik sebagai pelengkap kehidupan menjadikannya sesuatu yang harus terus dirawat dan diperhatikan. Hal ini ditujukan tentu saja untuk menjaga agar performa perangkat-perangkat elektronik yang kita miliki tetap baik, awet, dan tetap dapat memberikan kenyamanan.

Salah satu perangkat elektronik yang kehadirannya cukup erat dengan kehidupan manusia saat ini adalah AC. Sama seperti perangkat elektronik lainnya, AC juga perlu perawatan agar performanya tetap baik dalam fungsinya sebagai pendingin ruangan. Lalu bagaimana cara merawat AC yang baik dan benar? Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk merawat AC, di antaranya :

1. ​Hal mendasar yang harus dilakukan untuk menjaga AC tetap awet adalah dengan melakukan maintenance seperti membersihkan dengan mencuci AC secara berkala. Pada saat ingin membersihkan AC, harap perhatikan bahan atau cairan yang digunakan. Jangan menggunakan cairan kimia untuk mencuci AC karena dapat mengikis lapisan pada pipa di bagian dalam AC sehingga pipa menjadi tipis. Untuk mencuci AC, ketahui waktu ideal untuk melakukan maintenance AC. Untuk AC ruang tamu atau ruang keluarga, lakukan perawatan per 3 bulan, sementara untuk AC kamar tidur 4-5 bulan. Perkiraan waktu tersebut dapat berbeda-beda pada setiap bangunan atau rumah, tergantung lokasi dan tingkat polusi pada AC. Untuk melakukannya, mintalah bantuan teknisi profesional khusus AC.

2. Pada saat melakukan instalasi atau pemasangan AC, pastikan bahwa teknisi profesional dalam melakukan vacum pada AC. Selain menjaga agar performa AC tetap baik, proses vakum pada unit AC dimaksudkan untuk menghilangkan udara dan uap air pada pipa. Hal lainnya yang perlu diketahui adalah, untuk jenis AC yang menggunakan refrigerant R32/410A, wajib menggunakan pipa dengan ketebalan 0,7mm.

3. Pada saat akan membeli AC, hal yang harus diperhatikan adalah ukuran PK AC yang sesuai dengan luas ruangan. AC dengan PK besar apabila digunakan pada ruangan yang kecil atau tidak terlalu luas akan membuat ruangan terasa terlalu dingin. Sebaliknya, AC dengan PK kecil digunakan di ruangan besar akan membuat ruangan terasa kurang dingin. Jadi, pilihlah PK yang sesuai dengan ruangan.

4. Ketika AC dalam kondisi menyala, pastikan ruangan sudah tertutup rapat. Mengapa demikian? Membiarkan ruangan terbuka ketika AC menyala akan mempengaruhi kinerja mesin AC. Mesin akan bekerja terlalu maksimal untuk mendinginkan ruangan.

5. Pengaturan suhu pada AC ternyata juga berpengaruh pada keawetan AC. Sebaiknya, jangan terlalu sering mengatur suhu di bawah 18 derajat celcius. Ini menyebabkan kinerja kompresor lebih keras, jika dibiarkan terlalu sering bukan tidak mungkin kompresor akan cepat rusak. Namun juga, jangan terlalu sering mengatur suhu antara 26-28 derajat celcius, karena dapat membuat kompresor mudah mati dan hidup. Lebih baik mengatur suhu 21-24 derajat celcius karena memang suhu ruangan tersebut pas untuk iklim di Indonesia.

Itu lah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk merawat AC agar tetap awet. Memiliki AC yang awet dengan performa yang maksimal tentu saja menjadi dambaan setiap orang. Terlebih apabila AC dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Canggih? Ya, mendapatkan AC yang canggih kini bukan hanya sekedar mimpi. Kecanggihan pendingin udara dapat dijumpai pada rangkaian produk dari Gree.

Salah satu produk pendingin udara dari Gree yang sangat cocok untuk keluarga dan dilengkapi berbagai fitur canggih adalah AC Gree Deluxe Low Watt C3. AC ini menjadi produk low watt unggulan dari Gree yang hanya membutuhkan daya listrik sebesar 290 Watt. Ini membuat AC Gree C3 menjadi produk pendingin udara dengan daya listrik terendah dibandingkan dengan AC low watt lainnya.

Tak sampai disitu, kecanggihan AC Gree C3 juga dilengkapi dengan fitur Triple Protection yang tahan api, anti bocor, dan anti temperatur tinggi sehingga tentunya menjadikan AC ini jadi lebih awet. AC ini juga Go Green karena telah dikombinasikan dengan freon R32 yang ramah lingkungan, membuatnya semakin efisien. AC Gree C3 tidak hanya memberikan kenyamanan pendingin udara, tapi juga jaminan ketenangan dan keramahan lingkungan.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

1. AC Tidak Dingin? Inilah 7 Penyebab Utamanya

2. Benarkah Suhu Dingin Dapat Menurunkan Berat Badan?

3. Tipe AC Manakah Kamu?

4. Menyiasati Ruangan Sempit dan Gelap

5. Pilihan AC Tepat untuk Tampilan Ruangan yang Lebih Simple