Gree - News

Bingung Pilih AC Low Watt atau AC Inverter? Ini Perbedaannya

29 Oct 2018

Masih sering bingung saat dihadapkan pilihan AC Low Watt dan AC Inverter. Baca tuntas artikel ini, Anda akan tahu apa perbedaannya.

Mulai dari merek, kemampuan teknologi, sampai pada fitur-fitur penunjang, saat ini ragam pilihan pendingin udara atau AC memang cukup menyita pikiran saat ingin membelinya. Meskipun yang dituju hanya satu, yaitu membeli AC terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

Namun, untuk mencapai tujuan tersebut kita juga selalu dihadapkan pada beberapa pertanyaan yang perlu tahu jawabannya. Contoh paling mendasar misalnya ketika menentukan kapasitas pendinginan atau PK AC. Berapa PK yang mesti kita pilih?

Sebenarnya jawaban dari pertanyaan tersebut bisa di dapatkan ketika kita tahu rumusnya. Yaitu cara hitung agar AC yang kita beli dapat sesuai dengan luas ruangan yang akan dipasang unitnya. (Baca: Tentukan Kapasitas AC dan Ruangan)

Di antara pertanyaan-pertanyaan yang ada, satu pertanyaan yang masih sering diajukan adalah saat kita menentukan tipe AC yang akan digunakan. AC Low Watt atau AC Inverter, tipe apa yang harus dipilih? Meskipun tipe pendingin udara untuk hunian atau yang biasa dikenal dengan AC split sebenarnya terbagi menjadi tiga, yaitu AC standard, AC low watt, dan AC inverter.

Namun dua tipe itulah yang lebih popular untuk dipilih dan ditanyakan. Nah, untuk menemukan jawaban dari pertanyaan itu, berikut adalah beberapa perbedaan dari kedua tipe AC yang banyak beredar di pasaran itu.

Daya listrik minimal, pilih AC Low Watt

C3e Low Watt Hemat Listrik

Ya, hingga kini banyak dari Anda yang masih bingung dengan kriteria tipe AC ini. Sebenarnya, tipe low watt relatif sama dengan tipe standard. Hal yang membedakan adalah penggunaan daya pada kompresornya.

Biasanya untuk tipe low watt, daya yang digunakan lebih kecil. Karena itu, AC low watt selalu dikategorikan sebagai AC hemat listrik dan dianjurkan untuk tipe hunian yang miliki daya listrik rendah. Artinya, penggunaan daya yang dibutuhkan untuk tarikan awal pada AC low watt lebih kecil.

Jika ingin memilih AC low watt terbaik, ada produk terbaru dari Gree yaitu yaitu C3e Deluxe Low Watt. C3e juga menggunakan freon R-32 yang terbukti miliki kemampuan kurangi tingkat pemanasan global hingga 70%, turunkan kadar pembuangan karbondioksida, dan mudah di daur ulang. Paling penting, penggunaan freon R-32 ini pun dapat membuat AC lebih hemat listrik. Sebab freon jenis ini terbukti membuat AC lebih cepat dingin dan mengurangi konsumsi listrik hingga 10%.

Punya kemampuan kinerja kompresor, pilih tipe AC inverter

Dibanding dengan AC low watt, tipe inverter miliki penggunaan daya listrik yang lebih tinggi pada tarikan awal. Kinerja tersebut memiliki tujuan agar unit AC dapat mendinginkan ruangan sesuai dengan suhu yang diinginkan seperti yang diatur pada remote.

Kemudian, setelah suhu ruangan mendekati yang telah ada di pengaturan remote, dengan bantuan sensor suhu yang ada pada unit AC, maka secara otomatis kompresor melambat. Di sini kompresor akan tetap hidup namun bekerja secara konstan untuk mempertahankan suhu yang ada dengan konsumsi daya listrik minimal.

Teknologi inverter mengontrol kecepatan motor kompresor dan mengendalikan aliran refrigeran demi mengontrol stabilnya suhu ruangan. Jenis AC ini juga menggunakan drive frekuensi yang menggabungkan sistem untuk mengontrol kecepatan kompresor dan output pendinginan. Karena itu, untuk penggunaan harian dalam jangka waktu yang lama.

Karena itu tipe AC inverter dianggap lebih hemat listrik karena punya penggunaan watt yang relatif rendah ketika ruangan sudah dingin. Aplikasi teknologi inverter dikatakan dapat membuat AC bisa bekerja dengan optimal tanpa mengonsumsi daya listrik yang berlebihan. Bahkan, karena kemampuan kinerja kompresor, pendingin udara jenis inverter sering dikatakan dapat menghemat 30% – 50% konsumsi listrik ketika beroperasi.

Ketika ingin memilih AC inverter terbaik, pilih AC Gree F1 inverter. Produk besutan Gree ini sangat canggih karena terbukti menjadi tipe inverter yang super hemat listrik dan bikin pengeluaran makin irit. Contohnya, untuk ukuran ½ PK, AC Gree F1 memiliki kapasitas pendinginan sebesar 8189 BTU/h. Artinya urusan cepat dingin tidak lagi jadi pertanyaan. Di tambah fitur fast-cooling yang disematkan dan mampu mendinginkan ruangan dengan sangat cepat. (Baca juga: Gree F1: AC Inverter Terbaik Super Hemat Listrik yang Bikin Pengeluaran Makin Irit)

Paling menarik dari AC Gree F1 adalah fitur ‘Eco Save’ untuk menghemat listrik. Cukup tekan tombol ‘SAVE’ pada remote, selanjutnya konsumsi daya listrik akan menurun. Fitur ini cocok digunakan ketika tidak banyak orang di ruangan. AC ini semakin hemat energy karena menggunakan freon R32 yang terbukti ramah lingkungan.