Gree - News

AC di Rumah Tidak Cepat Dingin? Cek 4 Hal Ini

21 May 2018

Udara di luar ruangan terasa panas, kemudian setelah masuk rumah dan menyalakan AC, suhu di dalam ruangan pun tak kunjung dingin. Kesal, bukan?

Kejadian tersebut tentu pernah dialami oleh sebagian dari kamu. Tapi jangan khawatir, sebab 4 hal ini bisa jadi kemungkinan penyebabnya. Cek yuk!


  • Sudah lama tidak servis AC

AC GREE - Jadwal Service AC

Coba ingat kembali, kapan terakhir kali kamu servis atau mencuci unit AC? Jika jawabannya lebih dari satu semester, sudah bisa dipastikan penyebab suhu ruangan lama untuk tidak dingin adalah karena AC kotor.

Bila ingin pendingin suhu ruangan bisa lebih awet dan tidak cepat rusak, minimal kita membersihkannya 3 bulan sekali. Apalagi jika kamu tinggal di daerah dekat laut atau miliki kebiasaan merokok di dalam ruangan. Jika demikian, sebaiknya dicuci atau diservis setiap 2 bulan sekali.


  • Tekanan Freon kurang atau habis

AC Gree - Freon AC

Freon merupakan bahan pendingin yang digunakanAC. Sebab itu jika tekanan freon berkurang atau bahkan habis menyebabkan AC tidak dingin. Zat pendingin ini sebenarnya memiliki jangka waktu pengisian yang cukup lama, standarnya 4-5 tahun.

Tapi jika AC yang kita miliki masih baru dan ternyata freon habis, kita perlu memeriksanya. Penyebab freon berkurang atau habis biasanya karena terjadi kebocoran pada sambungan pipa atau selang yang bengkok atau patah.


  • Kapasitas ruangan dan kemampuan AC tidak sesuai

AC Gree - Rumus Hitung Luas Ruangan

Sudah sering servis atau dicuci atau dirawat ternyata AC masih tidak dingin juga. Bisa jadi karena kemampuan AC yang digunakan tidak sesuai dengan kapasitas luas ruangan. Ada cara menghitung kebutuhan pemakaian PK AC sesuai ruangan. Rumusnya adalah panjang ruangan x lebar ruangan x 500 BTU . (Baca juga: Suhu AC yang Tepat untuk Iklim Indonesia)

Kamu tentu sudah tahu bila kapasitas ukuran AC memakai istilah PK (Paard Kracht/Daya Kuda/Horse Power (HP)) pada AC). Sedangkan BTU (British Thermal Unit) adalah ukuran kemampuan pendinginan. Setiap ukuran PK AC memiliki nilai BTU yang berbeda.Untuk AC ½ PK = ±5.000 BTU/h, AC ¾ PK = ± 7.000 BTU/h, AC 1 PK = ± 9.000 BTU/h, AC 1½ PK = ±12.000 BTU/h, dan AC 2 PK = ±18.000 BTU/h

Jadi, misalnya luas ruangan kamu adalah 3x3, maka perhitungan yang berlaku adalah 3 x 3 x 500 BTU = 4500 BTU. Maka kapasitas AC yang diperlukan hanyalah 0,5 PK. Sedangkan jika luas ruangan kamu adalah 5m x 4m dan dihasilkan nilai 10000BTU, maka AC yang dibutuhkan di ruangan tersebut adalah 1 PK.


  • AC yang dimiliki tidak punya teknologi cepat dingin

Karena itu, jawaban dari poin ini adalah AC Gree Moo Series. Teknologi Frozen Power dan kapasitas pendinginan yang tinggi, membuat AC Gree MOO Series hanya membutuhkan waktu 2 menit untuk mendinginkan ruangan. Salah satunya AC Gree Moo Series ½ PK, yang memiliki kapasitas pendingin sebesar 5323 BTU, lebih tinggi 15% dan mampu mendinginkan 30% lebih cepat dari tipe AC standar lain ukuran sejenis.

Mau AC Gree Moo Series ½ PK senilai Rp2.099.000 dari harga normal Rp2.499.000?

Ikuti Flash Sale AC Gree Moo Series pada tanggal 24 Mei 2018 pekan ini di Shopee.

Catat tanggalnya! Karena Flash Sale akan dimulai dari pukul 12.00 WIB.

AC Gree Flash Sale Shopee