Gree - News

AC Cepat Rusak? Mungkin Ini Penyebabnya

21 Mar 2018

moogree.jpg

Ada pepatah yang mengatakan, ‘tidak akan ada asap kalau tidak ada api’, ini berlaku pada setiap permasalahan yang kita alami. Setiap permasalahan pasti ada penyebabnya, begitupun yang terjadi pada perangkat-perangkat elektronik rumah tangga.

Salah satu yang paling sering bermasalah adalah AC. Pengguna AC pasti sudah tidak asing lagi dengan masalah AC bocor, AC berisik, AC kurang dingin, dan yang lainnya. Sudah merasa benar menggunakannya? Mungkin kamu perlu memperhatikan beberapa hal yang bisa menyebabkan kerusakan pada AC.

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, AC juga perlu di maintenance secara rutin. Proses maintenance yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan mencuci AC secara berkala. Hal ini merupakan langkah yang paling umum dilakukan untuk merawat AC. Idealnya, AC harus dicuci per 3-5 bulan, tergantung jenis AC dan lokasi penempatannya. Untuk melakukan maintenance ini diperlukan tenaga ahli atau teknisi khusus AC, karena mereka memiliki cairan khusus yang biasa digunakan untuk membersihkan AC. Proses pembersihan AC tidak dianjurkan menggunakan cairan kimia, karena bisa menguras lapisan pada pipa sehingga pipa menjadi tipis.

Penting juga untuk diperhatikan masalah vacuum pada AC. Pada saat instalasi AC, pastikan teknisi yang menginstal melakukan proses vacuum. Proses ini wajib sekali dilakukan, apalagi pada AC yang menggunakan refrigerant R32/R410 A. Untuk kedua jenis freon ini, pipa yang digunakan wajib yang memiliki ketebalan 0,7 mm.

Persoalan teknis lainnya yang harus diperhatikan adalah mengetahui ukuran PK yang tepat. Tepat dalam artian sesuai dengan kebutuhan luas ruangan. Selain itu pastikan ruangan tertutup rapat pada saat AC menyala. Ini berfungsi agar AC tidak bekerja terlalu keras untuk mendinginkan ruangan, sehingga AC bisa lebih awet. Untuk pengaturan suhu, jangan terlalu sering mengatur suhu dibawah 18 derajat celcius, karena akan membuat kompresor bekerja terlalu keras. Suhu AC yang ideal untuk iklim Indonesia adalah sekitar 21-24 derajat celcius.

Berbagai faktor di atas merupakan beberapa penyebab kerusakan pada AC. Jika perangkat AC di rumah atau di kantormu sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan, segera cek kondisinya atau hubungi produsen AC untuk meminta garansi. Ingin mengganti AC lama dengan AC baru? Produk AC Gree yang satu ini bisa jadi pilihanmu.

AC Gree Standard MOO-2 merupakan tipe AC terbaru dari Gree yang dirilis pada 2017 lalu. AC ini dilengkapi dengan fitur Frozen Power yang dapat mendinginkan ruangan 30% lebih cepat dibandingkan dengan produk pendingin udara lainnya. Selain itu, AC ini hanya membutuhkan daya sebesar 360 Watt, lebih rendah dari rata-rata AC Standard lainnya yang membutuhkan daya sekitar 380-450 Watt. 

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

1. AC Tidak Dingin? Inilah 7 Penyebab Utamanya

2. Benarkah Suhu Dingin Dapat Menurunkan Berat Badan?

3. Tipe AC Manakah Kamu?

4. Menyiasati Ruangan Sempit dan Gelap

5. Pilihan AC Tepat untuk Tampilan Ruangan yang Lebih Simple