Gree - News

5 Tips Memilih AC Terbaik untuk Kamar Tidur

03 Jan 2018

Inilah cara memilih AC terbaik untuk kamar tidur dari banyaknya pilihan pendingin ruangan yang ditawarkan.

AC atau penyejuk ruangan merupakan salah satu komponen pelengkap dalam suatu kamar tidur. Biasanya dipasang di rumah untuk memberikan kesejukan untuk penghuni yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, dengan menggunakan AC ruangan menjadi lebih segar dan tidak terasa panas. Memilih AC untuk penyejuk ruangan pastinya harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengannya.


Pastikan di dalam memilih AC tentunya benar-benar jeli dilakukan supaya Anda tidak memilih produk AC yang tidak berkualitas. Seperti halnya di kamar tidur, penggunaan AC juga bisa dikatakan penting, supaya di ruangan tidur yang Anda tempati senantiasa menyejukkan dan tidak membuat pengap yang ada di dalam kamar tidur tersebut. Maka dari itu, di sini akan diberikan tips memilih AC untuk kamar tidur yang terbaik.

AC yang dikatakan sebagai barang elektronik, pastinya sangat populer bagi kalangan masyarakat yang memiliki rumah atau hunian yang utamanya berada di lokasi yang panas hawanya serta lembab. Memang sesungguhnya ada banyak cara yang bisa dilakukan supaya kamar tidur tetap sejuk tanpa menggunakan AC. Namun, hal tersebut dikembalikan lagi pada tingkat kebutuhan masing-masing keluarga. Pastinya banyak sekali varian dari produk AC yang beredar di pasaran. Maka dari itulah diperlukan kejelian bagi Anda yang ingin membeli AC terbaik untuk kamar tidur Anda.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli ada baiknya anda ikuti 5 tips memilih AC untuk kamar tidur yang terbaik. Agar nantinya saat anda benar-benar telah memutuskan untuk membeli dan memasangnya di kamar tidur Anda tidak akan membuat anda menyesal. Selain itu, biaya yang telah Anda keluarkan pun tidak menjadi sia-sia.

Inilah 5 tips memilih AC terbaik untuk kamar tidur Anda.

1. Pilih AC hemat listrik

Banyak orang mengabaikan spesifikasi daya listrik dari AC yang akan dibeli. Maka mereka sering tidak memperhatikannya dan lebih memilih membeli AC dengan harga murah namun penggunaan energi yang dipakai sangat boros. Bila anda kebingungan untuk memilih, terdapat fitur inventer yang telah digunakan oleh sejumlah produsen AC sebagai alternatifnya. AC ini memiliki kelebihan hanya perlu waktu yang singkat untuk mencapai suhu di ruangan yang anda inginkan. Kemudian, pada tarikan pertama di listrik hanya 1/3 lebih rendah dibandingkan AC yang tidak memiliki inventer. Penggunaan AC hemat listrik ini hanya menggunakan sekitar 30% sumber daya jadi lebih kecil dibandingkan AC biasa.

2. Mempertimbangkan aspek kesehatan

Berkembangnya zaman yang kian maju, banyak perusahaan elektronik memproduksi AC yang memiliki teknologi mampu membunuh virus dan bakteri yang disebut plasmacluster. Hal ini telah terbukti dengan serangkaian uji coba yang telah dilakukan. Uji coba dilakukan di ruangan dengan luas 320 meter persegi yang kelembabannya rata-rata 80%. Hasilnya ion negatif dan positif di plasmacluster mampu untuk memberantas bakteri serta jamur dalam waktu 6 jam. (Baca juga: Mudah Dilakukan, Begini Cara Bersihkan Filter AC)


IKUT KUIS HADIAH VOUCHER JUTAAN RUPIAH




3. Pilih kebutuhan AC dan sesuaikan dengan luas ruangan

Beberapa orang berpikir bahwa AC 1/2 PK cocok untuk ruangan yang berukuran kecil. Sebaliknya ruangan besar memerlukan AC dengan kapasitas 2 PK. Nyatanya, ada rumus untuk menentukan luas ruangan dan unit AC yang dibutuhkan. Beberapa dari Anda mungkin telah tahu jika AC memiliki istilah PK (Paard Kracht/Daya Kuda/Horse Power (HP)). Ukuran ini menerangkan tingkat satuan kapasitas pendinginan pada AC. Ada pula istilah BTU (British Thermal Unit), yang menerangkan ukuran kemampuan pendinginan. Sebuah AC dengan PK berbeda akan memiliki nilai BTU yang juga berbeda. Jadi, ukuran standar yang biasa dipakai adalah; AC ½ PK = ±5.000 BTU/h, AC ¾ PK = ± 7.000 BTU/h, AC 1 PK = ± 9.000 BTU/h, AC 1½ PK = ±12.000 BTU/h, dan AC 2 PK = ±18.000 BTU/h.

Jadi, bagaimana rumus hitung ruangan dengan kebutuhan PK? Misal luas ruangan 3x3, perhitungannya adalah 3 x 3 x 500 BTU = 4500 BTU. Jadi kapasitas AC yang diperlukan 0,5 PK. Namun bila luas ruangan 5m x 4m dan dihasilkan jumlah 10000BTU, maka AC yang dibutuhkan 1 PK.

4. Memperhatikan letak pemasangannya

AC untuk kamar tidur bisa anda tempatkan di tempat yang tepat. Jangan dipasang di depan pintu, karena udara akan lebih mudah keluar ke ruangan lain. Pemasangannya jangan terlalu rapat ke atas plafon supaya udara yang keluar bisa maksimal.

5. Melakukan maintenance atau servis AC secara berkala

Supaya AC tahan lama, hendaknya anda melakukan servis AC secara berkala setiap 3 - 4 bulan sekali.

Demikianlah tips-tips yang bisa anda dapatkan untuk memilih AC sebagai penyejuk di tempat tidur anda. Terlebih jika anda menggunakan produk dari Gree yang akan membuat ruangan menjadi lebih sejuk dan selalu bersih serta sehat.


BELI AC GREE SEKARANG CARI PROMO AC GREE


Baca juga artikel lainnya:

1. Gree MOO-2, AC Standar dengan kualitas Low watt

2. Tips menentukan penempatan AC dirumah Anda

3. Teknologi Low Watt, Solusi Rumah Berdaya Listrik Kecil

4. Menyiasati Ruang Sempit dan Gelap

5. Tips Cerdas Memilih AC Tepat